Tips Sederhana Menanam Cabe Rawit

Ditengah harga cabai yang kian meroket hingga menyerbu kisaran mutu 80rb tiap-tiap kilo kini banyak sekitar petani yang mencoba mengembangbiakkan tanaman cili khususnya cili rawit. Harga jualnya dipasaran sangat fluktuatif artinya kalau harga jual sedang muluk bisa luar biasa mahal muncul mencapai 100rb per kg dan jika martabat jual padahal murah atau pada saat panen awam harganya bisa benar betul anjlok muncul 3rb masing-masing kg. Sesungguhnya tanaman cabe tidak mengetahui musim hanya saja bila di dalam musim penghujan tanaman itu tidak perlu diairi seharga mengandalkan air hujan. Dikampung tempat saya tinggal yakni diaerah Ponorogo pedesaan tambun penduduk disekitar saya menanam cabe dengan cara yang sangat simpel tetapi keuntungan yang tersebut hasilkan ternyata lumayan buntal. Cara menugaskan cabe pikir saya sanggup dilakukan denagan gampang dan juga gak memerlukan penuh biaya dalam pengoprasiannya. Bayangkan saja member hanya mengerjakan satukali perabukan saja sehabis masa was-was dilahan (setelah pamindahan daripada tempat persemaian) saya mereguk sudah sempurna.

Cara Menempatkan Cabai Rawit

1. Menyiapkan ladang tanam bibit.

Hal baru yang mesti anda lakukan adalah mencangkul tanah untuk cara menanam cabe di polybag persemaian bakal sementara. Metode ini bukan memerlukan petak luas, setelah itu taburkan diatasnya pupuk kandang yang tutup kering.

2. Pemilihan Bakal.

Proses pemilihan bibit dikerjakan sebelum persemaian bibit. Alternatif cabe yang tua dan sehat. Jemur ditengah teruk matahari refleks hingga betul benar lasak kurang lebih kurang lebih 10 perian.

Setelah semata cabe sahih benar polos sempurna tumbuk cabe lelet pelan non sampai bijinya pecah dan kemudian pisahkan semua isi buah biji cili dengan risa cabe.

3. Tahapan persemaian

Sebar nilai cabe diatas lahan was-was bibit dan kemudian anda sanggup menutup diatasnya dengan jerami kering. Unsur ini berniat agar nilai cabai tdk terbawa air ketika disiram atau ketika hujan penuh. Sirami pada pagi serta sore. Sesudah biji cabe berkecambah & mulai tampak daun ambil lah jerami. Untuk pelestarian lakukan penyiraman 1 cukup 2 x sehari yaitu pagi serta sore.

4. Penanaman pada Lahan

Dalam proses itu cabe dipindahkan dari syarat persemaian di lahan. Rata-rata dilakukan di dalam saat turun hujan alias sehabis tahi angin Agar tdk layu yang akhirnya pasif.



5. Penyelenggaraan

Perawatan yang bisa engkau lakukan tatkala menanam cabe adalah mencabuti rumput disekeliling tanaman cili agar metode pertumbuahannya tdk terganggu. dan kemudian anda bisa memberikan pupuk pada usia satu kamar. Caranya letakkan pupuk pada sebelah cabang cabe redup kira sangkaan 1 centong makan. Bila tanaman cabe anda tertumbuk hama semprotlah dengan pestisida.

6. Pengetaman

Cabe sanggup dipanen sekitar umur 3 bulan yang bisa kalian panen 5 hari sekali. Pada dahulu awal panen cabe yang dapat dipanen masih hijau (untuk lalapan) belum bisa dipanen sampai ahmar dikarenakan cili masih padat rontok dan belum uzur benar. Lazimnya cabe telah dapat dipanen merah setelah panen ke 6 dan seterusnya.

Utk memasarkannya engkau bisa refleks menjual cabe-cabe hasil dari panen mendapatkan orang-orang disekitar anda ataupun jika kinerja panen engkau melimpah silahkan bernego dengan tengkulak cili disekitar anda. Demikian sedikit tips tentang cara menyimpan cabe kecil dari aku, semoga nas ini berperan buat engkau.

Write a comment

Comments: 0