Teknik Memilih Granit Yang Baik

Selain harganya lebih mahal, memilih granit memang perlu strategi sendiri yang luar biasa berbeda bila dibanding ketika memilih keramik. Sebab keramik merupakan hasil produksi kilang yang sungguh punya teratur ukuran serta kualitas asas.

Granit ini sendiri adalah jenis kerakal beku plutonik yang memiliki sifat superior dan muluk. Karena tersebut selain dipakai untuk interior, material berikut juga kerap dipakai dalam pekerjaan yang merupakan struktub besar.

Mengenai proses pembentukannya terjadi ketika ada pembekuan magma akan tetapi prosesnya kian lama dan hal itu membuat tolok ukur materialnya jadi lebih raksasa. Sebab itu granit acap punya design yang lebih spesifik dibanding jenis kerakal alam yang lain. Sebab mode pembekuan yang lambat tersebut menghasilkan pola-pola dan corak tertentu di struktur kerikil tersebut.

Serta karena terbentuk dari proses alam ini lah, tidak ada patokan yang jadi sebagai tipikal baku pembawaan untuk menentukan pilihan yang tepat. Karena itu sebelum membeli, ada baiknya mengetahui lebih dulu sistem memilih granit yang baik sehingga tidak ada kesalahan yang bisa membuat kita pantas menanggung kerugian.

Yang mula-mula adalah, kita harus menyurat jika granit adalah bakal yang harganya tidak murah. Karena itu harus diperkirakan kita siap mendapatkan pola maupun warna yang sejenis yang bakal dipakai dalam menutup suatu bidang diantaranya lantai alias meja serta dinding punggung maupun ruang mandi dan sebagainya.



Untuk ruang yang ukurannya besar, kadangkala lebih susah menemukan granit yang sama seluruh. Karena itu apabila terpaksa memakai granit yang tidak sama, harus dipikirkan efek dan nuansa yang muncul pada kombinasi material tersebut, apakah sesuai dengan yang diinginkan atau tidak. Dan yang pasti, harga granit yang warnanya sama bakal punya harga yang kian murah.

Ketika menanyakan pajak pada penjual, perlu diingat penentuan pangkat ini didasarkan pada spesies granit juga dari mana bahan ini berasal. Kita perlu tau negara / daerah mana saja yang merupakan pencetus granit terkemuka. Jika jaraknya lebih rumpang tentu harganya juga hendak menjadi lebih mahal soalnya membutuhkan dana transportasi yang tinggi dalam pengirimannya.

Indonesia sendiri sedianya tercatat sederajat salah satu pencetus batu granit terbaik pada dunia. Daerah yang amat terkenal memerankan produsen batu granit rumpang lain merupakan Tulungagung Jawa Timur dan Kabupaten Karimun di Kepulauan Riau. Maka jika terselip di ruang Jawa misalnya, maka kian baik memilih granit daripada Tulungagung soalnya ongkos kirimnya jadi lebih murah.

Kecuali itu Terkatung-katung, Kalimantan, Yogyakarta, Kupang, Papua dan beberapa daerah dalam Sumetera juga tercatat sederajat penghasil kerakal granit. Namun diantara segala itu daerah yang jadi penghasil batu granit beserta kualitas yang paling baik sekaligus paling tua merupakan Sulawesi Selatan.

Kemudian dalam proses pemasangannya, sebaiknya memakai tukang / tenaga ulung yang memang punya ketrampilan khusus dalam mengaplikasikan bahan ini dalam tempat / ruang yang jual batu granit di jogja sudah dtentukan. Soalnya bentuknya berupa lembaran alias lempengan berukuran besar, bila teknik pemotongannya salah, siap menimbulkan hukuman yang amat fatal, granit tersebut jadi tidak kompatibel ukurannya dan tidak dapat dipasang.

Akan tetapi dibalik harga yang tinggi serta mode pemasangan dan perawatannya yang sangat leceh, batu granit bisa menghasilkan kesan yang sangat menawan dan menarik pada lapangan. Terutama karakter atau motif yang tampak di batu tersebut.